04 September, 2011

Tanaman Penutup Tanah (LCC)

Sering juga disebut tanam pelengkap (Smother crops) atau tanaman pesaing (Competitive crops). Sebagai tanaman penutup tanah bisa digunakan tanaman kacang-kacangan (leguminosae) karena selain dapat tumbuh secara cepat sehingga cepat menutup tanah serta mencegah perkecambahan dan pertumbuhan gulma, maka akan dapat juga digunakan sebagai pupuk hijau. Sifat penting yang diperlukan bagi tanaman penutup tanah adalah harus dapat tumbuh dan berkembang cepat sehingga mampu menekan gulma lainya. Jenis leguminosa yang bisa digunakan adalah Calopogonium muconoides, Calopogonium caerelum, Centrosema pubescen, dan Pueraria javanica. Jenis ini dapat berkembang secara cepat dalam waktu 1-3 tahun setelah tanam, tetapi setelah itu cepat menjadi jarang kalau naungan pohon utama telah terbentuk. Disamping itu mampu meningkatkan kesuburan tanah dan  kandungan N.
          Penggunaan tanaman penutup tanah untuk mencegah pertumbuhan gulma lain yang berbahaya (noxious) terutama golongan rumput merupakan cara kultur teknis yang di pandang paling berhasil di perkebunan. Tanaman penutup tanah disamping banyak digunakan pada perkebunan karet, kelapa sawit dan kelapa, juga mulai digunakan pada perkebunan coklat dengan menggunakan Flemiagia macrophylla yang di campur dengan rumput pendek dan lunak
            Pada perkebunan Karet tanaman penutup tanah bisa di tanam secara kombinasi beberapa jenis. Kombinasi 3 jenis sering dilakukan yaitu : Calopogonium caeraleum, Centrosema pubescen, dan Pueraria phasioloides dengan perbandingan berat benih 3 : 2 : 1.
Pada Perkebunan Kelapa Sawit kombinasi Pueraria javanica, Psophocarpus palustris dan Centrosema pubescan dengan perbandingan 1 : 8 : 12. Benih di gunakan 21 kg/ ha, ditanam 5 larikan dalam setiap gawangan dan satu larikan lagi dalam baris kelapa sawit.
Pada Perkebunan Coklat sering di gunakan Crotalaria javanica yang mula-mula ditanam sebagai pelindung, kemudian di jadikan penutup tanah.

BEBERAPA JENIS GULMA PADA TANAMAN KARET MUDA :
  • Species Desmadium heterocarcum D.C         Famili Leguminosae
  • Species Pithecellobium jiringa (Jack)            Famili Leguminosa
  • Melastoma polyyanthum                                  Famili Melastomaceae
  • Imperata cylindrica                                          Famili Gramineae
  • Panicum repens                                                Famili Gramineae
  • Cyperus rotundus                                             Famili Cyperaceae
  • Dll
Sumber : Hj. Yarnelis Sukman dan Yakup, 2002 dalam Gulma dan Teknik Pengendaliannya.

1 komentar: